Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebiasaan yang menjadi Penyebab Anak Susah Makan

Kesehatan Anak
Anak Susah Makan menjadi masalah yang sering dialami Orang tua, karena memang kadang kala anak mudah untuk makan, namun kadang juga sebaliknya anak akan sangat susah ketika disuruh makan. Bahkan tidak jarang waktu makan menjadi ajang 'berkelahi' antara ibu dan anak. Belum lagi apabila anak sudah mau ,menerima suapan, namun makanan akan diemut sehingga waktu makan akan sangat lama.

Menurut sebuah penelitian, Penyebab Anak Susah Makan yang paling sering adalah inappropriate rule of feeding atau dalam bahasa Indonesia adalah perilaku makan anak yang tidak benar. Penyebab lain adalah pemberian menu atau tekstur makan anak yang tidak sesuai usia.

Salah satu contoh perilaku makan tidak benar adalah, banyak orang tua yang mengajak makan anak dengan jalan-jalan, membaca buku, bermain gadget dan aktifitas lainnya.

Seharusnya anak diajak makan di meja makan tanpa aktifitas lain. Untuk selanjutnya, seharusnya anak diberi waktu misalnya dalam 30 menit paling lama untuk makan, habistidak habis harus selesai. Orang tua juga harus memberikan jadwalkan pemberian makanan anak agar teratur.

Apabila dari awal sudah dibiasakan tidak mengikuti aturan makan yang benar, maka tidak heran apabila buah hati anda menjadi tidak mengenal konsep lapar. Sehingga, makanan yang anda diberikan tidak akan segera ditelan oleh anak. Sehingga agar buah hati anda lebih mudah diajak makan, sebaiknya ikuti aturan makan yang benar, dan berikan makanan sesuai usia anak.

Ringkasan:
  • Anak susah makan bisa menjadi ajang berkelahi antara orang tua dan anak,
  • Anak susah makan sering disebabkan karena kebiasaan yang dilakukan saat masih bayi,
  • Agar anak mudah makan, biasankan untuk mentaati aturan waktu, menu dan tempat makan yang tepat.

Post a Comment for "Kebiasaan yang menjadi Penyebab Anak Susah Makan"