Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anjuran Bed Rest Untuk Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil biasanya diperbolehkan untuk menjalani aktivitas dan bekerja seperti biasanya pada masa kehamilannya. Namun, beberapa Ibu Hamil ada yang diharuskan untuk bed rest pada waktu tertentu, dengan tujuan untuk beristirahat untuk mengurangi komplikasi kehamilan tertentu. Kondisi ini bisa terkait dengan riwayat kesehatan Ibu Hamil, atau karena adanya masalah dengan kehamilan saat pemeriksaan rutin kehamilan.

Bed Rest untuk Ibu Hamil biasanya disarankan karena kondisi yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, mempunyai riwayat keguguran. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah, karena pekerjaan, aktivitas, atau olahraga ringan saja memperburuk atau memprovokasi situasi tertentu. Bed rest juga mungkin diperlukan untuk membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta.

Bed rest dibedakan menjadi Total dan persial, adapun Bedrest total berarti semua kegiatan Ibu Hamil harus di lakukan di atas tempat tidur dan tidak boleh melakukan aktivitas harian seperti biasa. Sedangkan bedrest parsial hanya mengurangi aktivitas yang berat, dan aktivitas ringan masih diperbolehkan. Adapun Tujuan Bed Rest Untuk Ibu Hamil ini agar ibu beristirahat sehingga penggunaan energi tubuh menjadi lebih efisien untuk memperbaiki kondisi dan mencegah kondisi semakin buruk pada kondisi kehamilan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, menjalani bed rest total untuk waktu lama dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Hal ini dikarenakan Ibu Hamil tidak menggunakan otot saat bergerak seperti biasa, jantung dan paru-paru bisa menjadi kehilangan kekuatan, kondisi ini justru membuat tubuh Ibu Hamil lemah dan lelah. Berada di tempat tidur sepanjang hari juga memicu stress dan rasa terisolasi.

Apabila Ibu Hamil tidak bisa menangani rasa terisolasi dan stres selama bed rest, segera konsultasikan dengan dokter. Luangkan juga waktu untuk melakukan perenggangan atau latihan fisik ringan, jika dokter anda mengizinkan.

Bagi Bed Rest disarankan bed rest oleh dokter, tidak boleh khawatir apalagi sampai stres. Anda harus menjalani masa kehamilan dengan pikiran yang positif dan fokuslah untuk tetap sehat dan fokus juga untuk mempersiapkan kehadiran buah hati dengan kondisi fisik dan mental yang baik, karena stress dan frustasi akan berbahaya terhadap kehamilan anda.

Ringkasan:
  • Tidak sedikit ibu hamil yang disarankan untuk Bed Rest untuk menjaga kondisi Kehamilannya,
  • Bed Rest terbagi menjadi Bed Rest Total dan Bed Rest Persial,
  • Efek samping Bed Rest yang sering dialami adalah terjadi pembekuan darah, stress dan rasa terisolasi.

Post a Comment for "Anjuran Bed Rest Untuk Ibu Hamil"