Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Diabetes Melitus pada Wanita

Diabetes Melitus
Terganggunya hormon sindrom polisistik ovarium (polycystic ovary sindrome/PCOS) pada wanita, tidak hanya membuat seorang wanita Sulit Hamil, Namun juga memicu penyakit diabetes melitus. Hormon PCOS yang terganggu ditendai dengan, wanita mempunyai sel telur berukuran kecil-kecil, sehingga mengganggu proses ovulasi dan pematangan sel terlur. Parlu anda ketahui 7 dari 10 wanita sulit hamil mengalami gangguan hormone PCOS ini.

Hormon merupakan zat kimia yang berfungsi untuk menyampaikan pesan yang memicu berbagai proses, termasuk pertumbuhan dan produksi energi. Bahkan beberapa hormone berfungsi untuk mengirim sinyal agar terjadi pelepasan hormon lainnya. Sedangkan bagi penderita PCOS ternyata mereka juga akan mengalami ketidakseimbangan pelepasan hormon androgen, dimana dalam pelepasannya akan jumlah lebih banyak dari seharusnya. Gejala kadar androgen yang lebih tinggi pada perempuan adalah munculnya jerawat yang sulit sembuh, pematangan sel telur berhenti, dan tumbuhnya rambut berlebihan di wajah atau tubuh.

Keseimbangan hormonal yang terganggu juga membuat tubuh wanita kesulitan menggunakan insulin, yang disebut dengan resistensi insulin. dr.Wismandari Wisnu, Sp.PD, PCOS mengungkapakan bahwa, penderita PCOS akan mengalami gangguan metabolisme glukosa, sehingga memicu kadar gula arah menjadi lebih tinggi.

Kondisi tersebut diatas lama kelamaan akan memicu penyakit diabetes melitus. Sehingga untuk pencegahan, dokter harus memberikan obat untuk memperbaiki resistensi insulinnya. Diagnosa PCOS pada wanita bisa diketahui dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan contoh darah untuk mengecek kadar gula darah, insulin, dan kadar hormon.

Untuk Mencegah Diabetes Melitus pada wanita penderita PCOS, adalah dengan rutin mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter, olahraga teratur, menjaga berat badan, dna mengonsumsi makanan rendah kalori dan bernutrisi.

Ringkasan:
  • Saah satu Penyebab Diabetes Melitus pada Wanita adalah terganggunya hormon PCOS,
  • Hormon PCOS yang terganggu ditandai dengan sel telur yang kecil sehingga juga memicu wanita sulit hamil,
  • Pencegahan Penyekit Diabetes pada wanita yang menderita PCOS adalah dengan minum obat, dan menjada pola makan dan hidup sehat.

Post a Comment for "Penyebab Diabetes Melitus pada Wanita"