Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Ibu Hamil Terdiagnosa Obesitas dan Diabetes

Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Obesitas dan Diabetes, tentu harus mendapat perlakuan yang khusus, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan M. Daniele Fallin, ketua departemen kesehatan mental di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Baltimore ternyata mereka lebih berisiko melahirkan anak yang mengalami autisme.

Anak-anak yang masuk dalam penelitian yang dilahirkan dari wanita yang mengalami obesitas sebelum kehamilan, hampir dua kali lebih mungkin didiagnosis mengalami autisme di usia 6 tahun, dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari wanita yang mempunyai berat badan normal sebelum hamil.

Tidak hanya itu, bayi-bayi yang dilahirkan dari ibu yang mengalami diabetes sebelum kehamilan, juga dua kali lebih mungkin didiagnosis dengan autisme dan cacat intelektual di usia 6 tahun, dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari ibu yang tidak mengalami diabetes.

Untuk selanjutnya penelitian juga menemukan hasil bahwa anak-anak yang lahir dari ibu dengan obesitas dan diabetes menunjukkan risiko terbesar untuk melahirkan anak dengan kondisi autisme dan cacat intelektual, bahkan sampai empat kali lipat, dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari ibu yang tidak memiliki obesitas dan diabetes.

Penelitian yang menyoroti potensi bahwa autisme dimulai sebelum kelahiran, para peneliti mengamati tingkat autisme dan cacat intelektual pada sekitar 2.700 anak-anak. Mereka juga mengamati berat badan ibu pra kehamilan dan diperiksa apakah ibu menderita diabetes sebelum atau selama kehamilan.

Data dari catatan medis dan wawancara dengan para ibu tersebut selanjutnya dikelola dan diketahui bahwa 102 anak didiagnosis autisme dan 137 anak didiagnosis cacat intelektual selama enam tahun masa penelitian.

Mekanisme yang berhubungan dengan ibu obesitas dan diabetes dengan risiko anak autis dan cacat intelektual masih belum jelas. Namun memang beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu, sehingga kemungkinan akan berpengaruh juga terhadap kondisi janin termasuk jaringan otak janin di dalam kandungan.

Penelitian juga telah menemukan bahwa obesitas dapat mengganggu penyerapan folat. Sehingga sangat mungkin apabila janin di dalam kandungan akhirnya tidak cukup mendapatkan folat sehingga pertumbuhan otak tidak maksimal.

Ringkasan:
  • Bahaya Ibu Hamil yang mengalami Obesitas dan Diabetes berisiko tinggi melahirkan anak yang mengalami autism dan cacat mental,
  • Penyebab Bahaya Ibu Hamil Terdiagnosa Obesitas dan Diabetes adalah nutrisi makanan tidak diserap secara maksimal.

Post a Comment for "Bahaya Ibu Hamil Terdiagnosa Obesitas dan Diabetes"