Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Ibu Hamil Saat Puasa Ramadhan

Ibu Hamil Berpuasa
Ibu Hamil memang tidak diwajibkan berpuasa dan diganti dengan fidyah atau menggantinya di hari lain. Masalah menggangi fidyah atau mengganti Qadha tentu ada aturan yang harus terpenui, penjelasan lengkap bisa anda baca disini. Namun apabila kondisi Ibu Hamil dan Janin sehat, tentu akan lebih baik apabila ibu hamil untuk berpuasa.

Hal penting apabila Ibu Hamil ingin Berpuasa adalah memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin di dalam kandungan. Hal ini tentu berkaitan dengan kesehatan dan kecerdasan bayi di masa datang. Karena perntingnya hal ini, makan Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan tips bagaimana Makanan Ibu Hamil Saat Puasa Ramadhan, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memilih makanan yang melepaskan energi secara perlahan, seperti gandum, beras merah dan cokelat, makanan tinggi serat (kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan), sehingga bisa membantu tubuh ibu hamil tetap berenergi selama berpuasa. Jenis makanan ini juga mengurangi risiko sembelit yang sering dialami ibu hamil.
  • Hindari makanan dan minuman manis pada saat sahur dan berbuka, karena jenis makanan ini akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kondisi ini akan memicu ibu hamil merasa lebih cepat lelah dan pusing. Adapun minuman manis tanpa gula yang sehat untuk ibu hamil adalah air kelapa muda.
  • Ibu hamil akan lebih baik lebih banyak mengkonsumsi protein dari kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur yang dimasak matang, saat sahur atau buka puasa. Nutrisi ini akan membantu bayi tumbuh dengan baik saat ibu hamil berpuasa.
  • Menghindari  cemilan dari makanan tinggi gula dan lemak, seperti yang banyak terdapat dalam makanan olahan. Adapun cemilan sehat ibu hamil yang dianjurkan adalah Kentang atau buncis kukus dan buah-buahan.
  • Ibu Hamil sebaiknya minum 1,5 -2 liter air dan mengonsumsi sayuran dan buah kaya air antara waktu berbuka hingga sahur, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.
  • Saat berbuka sampai sahur, Ibu Hamil sebaiknya menghindari minuman mengandung kafein seperti teh dan kopi. Minuman mengandung Kafein akan membuat tubuh kehilangan banyak air karena memicu buang air kecil, sehingga ibu hamil lebih mungkin mengalami dehidrasi.

Ringkasan:
  • Ibu Hamil boleh berpuasa ramadhan selam kondisi tubuhnya dan janin sehat,
  • Makanan Ibu Hamil Saat Puasa Ramadhan harus dipenuhi agar pertumbuhan janin di dalam kandungan maksimal.

Post a Comment for "Makanan Ibu Hamil Saat Puasa Ramadhan"