Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebutuhan Serat untuk Anak-Anak

Makanan berserat tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa, namun anak-anak juga membutuhkannya, agat pertumbuhannya menjadi lebih maksimal.  Serat makanan tidak hanya dikaitkan dengan kesehatan saluran penceranaan, namun juga bisa mencegah untuk kegemukan. Anda tentu tahu apabila anak terlalu gemuk bisa memicu diabetes baik di masa mendatang atau bahakan saat ini banyak anak-anak yang memang telah menderita diabetes.

Sebuah Penelitian menemukan hasil, bahwa semakin cukup kebutuhan serat anak maka semakin sedikit mereka mengonsumsi lemak dan gula. Hal ini dikarenakan makanan yang banyak mengandung serat biasanya mengandung sedikit kalori dan lebih lama dicerna sehingga perut anak akan merasa lebih lama kenyang.

Leona Victoria APD selaku ahli gizi, peran serat dalam pertumbuhan anak tidak boleh diremehkan. Serat makanan berfungsi untuk memadatkan makanan, media untuk masuknya vitamin dan mineral, dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan cukupnya kandungan serat, kadar gula darah dan insulin akan stabil. Penelitian lain juga menemukan bahwa serat dapat mengontrol Kolesterol dan mencegah kanker.

Konsumsi makanan banyak mengandung serat, lebih ditekankan lagi untuk laki-laki karena secara genetik mereka lebih rentan menderita kanker usus dibandingkan perempuan. Dan ternyata anak-anak dan orang dewasa mempunyai kebutuhan serat yang sama, yaitu sekitar 19-25 gram perhari. Dan kebutuhan serat ini akan lebih baik dicukupkan dari bahan makanan, dibandingkan dari suplemen. Yang menjadi permasalahan tentu saja, tidak sedikit anak yang tidak suka makan sayur dan Buah, segingga tentu perlu metode pendekatan lain.

Tips memberikan anak serat alami adalah dengan memberikan sumber serat dari selain sayur dan buah seperti ikan dan kacang-kacangan, susu, atau biji-bijian yang dapat ditemukan dalam roti, sereal, atau camilan.

Camilan sehat mengandung serat ini sebagai makanan pelengkap anak di antara waktu makan, untuk menambah nutrisi dan mencegah anak rewel karena perut terasa lapar. Dengan cara ini rasa kenyang anak juga bisa mempertahankan rasa kenyang anak lebih lama dan mencegah gula darah turun pemicu anak tidak berstamina.

Ringkasan:
  • Kebutuhan serat orang dewasa dan anak-anak sama,yaitu 19-25 gram perhari,
  • Anak-Anak yang mengkonsumsi serat makanan cukup akan lebih mudah mengontrol berat badan dan pertumbuhan menjdai maksimal,
  • Sumber serat alternative untuk anak bisa diberikan pada cemilan sepeti ikan, kacang-kacangan, sereal, roti dan biji-bijian.

Post a Comment for "Kebutuhan Serat untuk Anak-Anak"